Menag Bertemu Gubernur Makkah, Bahas Haji dan Umrah

Menag Bertemu Gubernur Makkah, Bahas Haji dan Umrah

JAKARTA – Menag Yaqut Cholil Qoumas bahas keberangkatan haji dan umrah Indonesia dalam pertemuan dengan Gubernur Makkah al-Mukarramah, Khalid bin Faisal Al Saud.

“Saya menyampaikan informasi penanganan COVID-19 di Indonesia secara umum sudah bisa dikendalikan. Ini adalah upaya agar jamaah Indonesia bisa kembali melaksanakan ibadah Umrah ke Tanah Suci,” ujar Yaqut di Jakarta, Minggu (21/11).

Kepada Gubernur Makkah, Yaqut mengatakan kementeriannya terus melakukan edukasi kepada calon jemaah haji dan umrah untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Pemerintah Indonesia juga telah melakukan vaksinasi untuk calon jamaah haji dan umrah. Semua kita sampaikan. Sehingga clear,” imbuhnya.

Yaqut menyebut untuk kesehatan bagi calon jamaah umrah, Kementerian Agama membuat kebijakan umrah satu pintu.

Kebijakan lainnya terkait dengan PCR bagi calon jamaah umrah, akan difokuskan pada fasilitas kesehatan di Indonesia yang direkomendasikan oleh pemerintah Saudi Arabia.

Baca juga:

“Untuk mengobati kerinduan umat Islam di Indonesia, saya juga menyampaikan harapan untuk segera dibukanya kembali penyelenggaraan umrah 1443 H. Indonesia siap menjalankan ketentuan yang ditetapkan Pemerintah Saudi Arabia,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal Al Sa’ud menyampaikan komitmennya untuk memberikan pelayanan pada jamaah umrah dan haji Indonesia. Dia menekankan pentingnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Yaqut memuji penyebaran prinsip-prinsip Islam yang moderat yang terus dilakukan Pemerintah Saudi. “Justru kami belajar dari Indonesia tentang moderasi beragama,” pungkas Khalid bin Faisal. (rh/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: